Minggu, 17 Maret 2013

[TRANS][INTERVIEW]12.12.07 Hallyu 9th edition EXO-K gathers


EXO [ I N F O ]

[TRANS][INTERVIEW]12.12.07 Hallyu 9th edition EXO-K gathers

Sina Entertainment: Setelah menghabiskan waktu yang lama berlatih sebagai seorang trainee apakah kamu merasa puas dengan perasaan setelah tampil diatas panggung untuk pertama kali?

Suho: Setekah showcase, perasaan kamu bukannya “kami telah selesai” tapi lebih seperti “kami memulainya sekarang”. Aku tidak tau bagaimana perasaan member yang lain, tapi secara personal saya belum begitu puas dengan panggung pertama. Kedepannya aku harus berlatih lebih keras, untuk memberikan penampilan yang lebih hebat.

_______________________________________________________________

Sina Entertainment: Setelah debut April tahun ini, kelian telah sangat sibuk. Membandingkan dengan sekarang dan pre debut tentang mimpi “kehidupan artis”, apa perbedaannya?

Chanyeol: Seebelum debut segalanya begitu menstreskan. Setelah tampil diatas panggung, bagaimanapun juga, sekarang terasa begitu bahagia.

Suho: Kami tidak begitu mencoba untuk bersaing dengan grup lain, sebaliknya, kami berharap untuk menjadi lebih termotivasi, berharap kalau kami bisa berbagi panggung yang sama dengan begitu banyak senior kami.

_______________________________________________________________

Sina Entertainment: Perbandingan ketika kamu debut, apakah perkembangan dan perubahan yang kalian punya sampai sekarang?

Suho: Kami menerima begitu banyak interview dari showcase, tapi kali ini kamu merasa sulit untuk berbicara didepan semua orang. Melalui aktivitas kami berjumpa dengan begitu banyak senior, dan setelah berbincang-bincang dengan mereka, sekarang aku dapat dengan nyaman mengekspresikan pikiranku kepada semua orang. Begitu juga dengan performing, aku sungguh deg-degan sebelumnua, tapi sekarang setelah berulang kali berlatih dan berbagai macam pengalaman, aku dapan perform lebih sempurna.

Chanyeol: Aku sekarang telah belajar bagaimana untuk melihat kekamer selama tampil. Pertama ketika melakukan aktivitas bersama SHINee senior, para senior bilang kepadaku bagaimana cara menemukan lensa kamera yang begitu penting, juga kerja tim antara member telah diam-diam semakin saling mengerti. Karena aku bersama member EXO-K sepanjang hari, kami sangat akrab sekarang.

Baekhyun: Meskipun saya sangan gugup ketika pertama kali debut, tapi sekarang dimedan bernyanyi, menari, dan penampilan, saya sangan percaya diri. Kami telah mulai memberi perhatian kepada image/citra kami masing-masing, sebelumnya kami memakai sportswear outdoor, tapi setelah debut, walaupun kami hanya pergi ke tempat yang dekat, kami harus berdandan sedikit.

D.O: Sudah ada perkembangan diberbagai hal, yang paling berkembang itu dalam hal bahasa. Pada penampilan debut kami (SBS “Inkigayo”) ketika ditanya tentang judul lagu kami, aku bilang “megah” sebagai “superior”. Pada saat itu aku sangat gugup, pikiranku sungguh blank, aku bahkan tidak mengucapkan apa yang telah aku siapkan. Untungnya leader kami membantu kata-kataku dan kami dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sekarang ketika kami ada penampilan langsung(live), kami akan selalu mempersiapkan dengan baik terlebih dahulu.

Kai: Ada juga perkembangan dalam hal “tidur” juga, tidak masalah dimanapun aku, aku akan bisa tidur seketika. (tertawa)

Sehun: Karena saya yang paling muda di grup, hyung akan selalu membiarkan aku dimanjakan. Dulu aku tidak akan melakukan aegyo begitu sering, tapi sekarang kemanapun acara aku yang aku pergi mereka akan selalu memintaku untuk mempraktekan peran yang imut, jadi secara personal aku merasa kalau aku paling berkembang di aegyo. (tertawa) Dan juga ketika kami pertama kali debut, aku bahkan tidak mengingat apa yang aku lakukan setelah tampil, sekarang aku melakukan yang terbaik untuk terlihat happy di atas panggung, dan sisi kepercayaan diriku.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Didepan senior kalian atau di depan stasiun TV. apa kalian sangat berhati-hati?

Chanyeol: Kami akan selalu memberika hormat 90 derajat. Selama periode trainee kami mendengarka bagaimana orang bilang kalau salam itu sangat penting, jadi kami selalu berinisiatif untuk menyapa senior kami.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Jadi setelah mendengar kalau EXO-K dan EXO-M akan debut bersama-sama di Cina dan Korea Selatan, bagaimana perasaanmu?

Chanyeol: Aku sangat senang. Karena aku dapat debut diwaktu yang sama dengan teman-teman ku dibawah grup yang bernama EXO, aku sangat senang. Danju takti grup yang fresh/baru membuat kami semua merasa begitu bersaing.

Baekhyun: Kami telah berlatih secara berlanjut, hanya di sangat akhir kami mendengar kalau perusahaan (company/SM.E) menggunakan taktik ini untuk debut.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: EXO-K dan EXO-M bukan hanya satu grup, pada didasari luar negeri kaalian juga bisa menjadi saingan.

Kai: Aku pikir kamu bukanlah saingan. Ketika EXO-K dan EXO-M bergabung menjadi satu, dan terjun kedunia mempromosikan musik kami, kami bahkan menjadi lebih bersinar.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Apakah daya tarik EXO-K yang menurut kalian membuat fans China menyukai kalian?

Suho: Aku pikir karena terpengaruh dari popularitas dari member-member EXO-M

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Apa perbedaan antara EXO-K dan EXO-M?

Baekhyun: Bahaasa?

Chanyeol: Suaranya berbeda. EXO-K pada umumnya mempunyai suara yang dalam, sedangkan EXO-M mempunyai suara yang segar dan jelas. Meskipun kami tampil dengan lagu yang sama, tapi rasanya sangat berbeda.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Di EXO-K, siapa yang bahasa Chinanya paling bagus?

EXO-K: Suho-hyung

Suho: EXO-M punya member China, jadi aku tidak termasuk yang paling bagus, aku hanya mencoba yang terbaik untuk belajar bahasa China.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Bagaimana kalian mendorong kerja sama dan hubungan antara anggota?

EXO-K: Kami punya “Pertemuan Keluarga”

Baekhyun: Dulu, setiap minggu kami berkumpul bersama untuk mempunyai pertemuan keluarga. Sekarang kami selalu bersama, jadi lebih banyak waktu untuk kami berbincang.

Sehun: Tidak ada waktu yang membosankan ketika aku bersama para member.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Apakah kalian biasanya menetap di dorm? Apakah kalian melakukan pekerjaan rumah tangga masing-masing Anda sendiri? Apakah ada cerita didorm yang seru yang bisa kalian ceritakan kepada semua orang?

EXO-K: Masing-masing member mempunya pekerjaan ruma tangga yang harus kami pertanggung jawabkan. Kami menyelesaikan semuanya secara adil setelah membagi teman sekamar sebagai team.
Kai: Kami akan menggunakan batu, kertas, gunting untuk menentukan siapa yang akan mencuci piring.
Chanyeol: Pada awalnya, leader kami, Suho, kalah cukup sering, tapi akhir-akhir ini berubah menjadi si paling muda, Sehun.
D.O: Karena si magnae telah kalah begitu sering stiap waktu, kami tidak main batu, kertas, gunting lagi, lebih baik kami mengajukan diri (vouluntee) untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
Baekhyun: Tidak ada pembagian umur diantara member EXO-K. Kadang kami seperti keluarga, kadang juga kami seperti teman.

Sina Entertainment: Kapan kalian merasa mulai terkenal dan semakin terkenal?

Suho: Kami dapat merasakannya ketika kami ada di bandara. Pertama kali kami datang ke China, ada begitu banyak fans yang datang ke airport, kedua dan ketiga bahkan lebih banyak fans. Itu membuat kami terkejut.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Kalian sangat popular di China, adakah perbedaan antar fans China dan Korea?

Chanyeol: Tidak perduli negara mana yang kami tuju, semua fans selalu menyemangati kami, menyuka kami, dan mendukung kamu dengan sama.

____________________________________________________________

Sina Entertainment:Adakah rencana untuk tampil, tampil di drama atau lainnya?
Baekhyun: Jika kami mempunyai kesempatan, tentu saja kami akan sangat suka untuk tantangan tersebut. Tapi pada saat ini, kami masih berharap untuk mencapai sesuatu yang lebih baik dalam perkembangan musik kami.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Sebagai grup kalian menari di atas panggung semakin sulit, dan kesempatan untuk tiap member bernyanyi semakin keci, apakah kalian merasa menyesal?
Chanyeol: Ada begitu banyak daya tari di EXO-K yang masih akan ditunjukkan kedepannya, jadi kami akan pelan-pelan menunjukkan lebih banyak daya tarik.
Kai: Karena kami semua sangat muda dan mempunyai begitu banyak kemampuan, kami percaya kedepannya kami akan tampil lebih baik lagi. Baru-baru ini, Baekhyun dan D.O menari disebuah iklan. Member yang lain juga berharap kalau mereka bisa tampil lebih baik lagi di banyak bidang.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Pujian yang meninggalkan kesan terdalam?
Suho: Begitu banyak senior memberikan kami saran. Terutama senior Super Junior Donghae: Setelah melihat penampilan EXO-K dan EXO-M, aku merasa akan lebih mempesona ketika kalian diatad panggung dengan nama EXO.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Perasaan kalian setelah ikut dalam SM Family Konser?
Chanyeol: Ketika masa pelatihan (traineing) kami telah menonton Konser SM Family sebelumnya. Pada saat itu, kami hanya berpikir untuk debut secepat mungkin, untuk tampil diatas panggung dengan senior kami. Setelah debut, kami merasa terhormat dapatberpartisipasi di Konser SM Family yang diadakan di US, LA. Perasaan dapat tampil bersama senior kami sangatlah bagus, senior kami juga memberikan begitu banyak saran, aku merasa sangat senang setelah tampil.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Apa Keahlian khusus SM? Apakah ada tradisi spesial?
Kai: SM Entertainment menekankan banyak tentang etiket, seperti sopan santun, salam, dll.
Chanyeol: Kami telah mewarisi tradisi SM, yang disebut PMS ( PENAMPILAN MUSIK SM) dengan judul lagu “MAMA” adalah tradisi perusahaan kami.
Kai: Sebelum debut, kami menonton begitu banyak tarian dari senior kami dan berlatih berulang kali.

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Apakah kalian menantikan Acara Award Pendatang baru diakhir tahun?
Suho: Hanya ada kesempatan sekali untuk memenangkan sebuah award pendatang baru didalam hidup kalian. Sesungguhnya, 4 bulan sebelum debut, kami telah bekerja sangat keras untuk mendapatkan award/penghargaan pendatang baru. Bagaimanapun, tahun ini, dukungan dari fans untuk EXO-K suda lebih berharga daripada penghargaan pendatang baru. Tapi jika kami beruntuk untuk mendapatkannya maka………… haha

______________________________________________________________

Sina Entertainment: Akan seperti apa EXO-K 10 tahun ke depan?

Sehun: Anggota EXO semua akan mengadakan tur konser dunia bersama-sama. Naik pesawat pribadi?
D.O: Seperti Grup Jepang yang terkenal Arashi,semoga 10 tahun ke depan, kami masih akan melakukan aktivitas bersama. Aku harap kami akan selalu bersama.

Suho: Dalam perbandingan dari “Diterima” EXO promosi “Dedikasi”, jadi aku harap kalau aku dapat pergi ke berbagai tempat dan berkontribusi kepada masyarakan bersama member lainnya.
Kai: Aku harap 10 tahun ke depan para member masih akan dapat menjadi artis yang kuat dan berharap EXO-K akan menjadi kekal.

Chanyeol: Seperti harapan para member lain, semoga 10, 20 tahun kedepan kami tetap dapat melakukan aktifitas bersama. Secara personal aku ingin belajar compose/menyusun, membuat begitu banyak lagu yang sesuai dengan EXO dan lagu yang akan tersebar luas dan mendunia.
Baekhyun: Aku harap didalam bidang menyanyi, akting, seni, dll, di segala bidang, kami dapat menampilkan penampilan yang mempesona, menjadi artis yang bertalenta.

source: Sina Entertainment
translation cr; xuan + angi @ exom-trans
bahasa translation babyjigoo @exonesia
Cc : EXO INDONESIA

PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS !!
do NOT repost on tumblr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar